Waspada Terhadap Aplikasi Android Berbahaya

Smartphone berbasis Android memang memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk mengatur dan mempersonalisasikan ponsel mereka sesuka hati. Memilih sendiri program yang diperlukan dan disukai demi menunjang produktivitas para penggunanya sesuka hati. Untuk urusan kebebasan, ini tidak perlu diragukan lagi, Android menyediakannya.

Namun ternyata tidak semua aplikasi atau program yang bisa dipasang/installed di smartphone android anda terjamin keamanannya. Kita semua tentu mengetahui bahwa berselancara di dunia maya tidak lepas dari intaian berbagai virus, malware, bloatware dan semacamnya. Dan kabar buruknya, ternyata semua itu bisa saja tertempel pada aplikasi yang hendak dipasang di smartphone anda.

Oleh karena itu, Google menyediakan sebuah wadah bernama Playstore sebagai tempat untuk mengunduh dan memasang aplikasi yang smartphone android anda butuhkan. Ini dilakukan untuk menjaga keamanan dari setiap aplikasi-aplikasi yang disediakan tetap terjamin karena semua berada dalam pengawasan dan pertanggungjawaban Google.

Kenali Ciri Aplikasi Android Berbahaya

Kenali ciri-ciri aplikasi Android yang membahayakan smartphone anda

Kenali ciri-ciri aplikasi Android yang membahayakan smartphone anda

Sama dengan hal lain, terdapat pula perbedaan pada aplikasi android yang aman dengan aplikasi yang berbahaya. Memang sedikit sulit mendeteksinya apalagi jika ini merupakan pertama kalinya bagi anda menggunakan smartphone Android. Merasa bisa download banyak aplikasi, lalu anda pun kalap dan tanpa mengecek terlebih dahulu apakah aplikasi tersebut berbahaya apa tidak bagi smartphone android anda.

Namun tidak perlu takut, ternyata ada tips untuk mengenali aplikasi android yang berbahaya bagi smartphone anda. Berikut ini adalah cara-cara mengenalinya:

  • Tidak Tersedia di Play Store
    Memang ada juga beberapa aplikasi yang disediakan oleh beberapa website atau developer aplikasi tersebut di internet secara langsung tanpa harus melewati Playstore. Sebaiknya anda mengecek lagi jika hendak mendownload berekstensi .apk tersebut. Jika Playstor tidak menyediakannya sebaiknya anda berhati-hati.
  • Izin Pemasangan Aplikasi Mencurigakan
    Izin pemasangan yang tidak relevan beresiko mencuri data-data penting anda dan secara otomatis di upload ke internet kedalam servernya. Perhatikan dengan baik izin pemasangan yang tertera ketika anda hendak menginstal.
  • Jumlah Download, Ulasan serta Reputasi Negatif
    Jika anda melihat aplikasi yang sudah didownload oleh lebih dari 1juta orang dan mendapat rating 4-5 itu tandanya aplikasi tersebut aman dan terpercaya. Baca sejenak ulasan komentar dari pengguna lain dulu.
  • Deskripsi Aplikasi Mencurigakan
    Deskripsi yang tidak jelas dan salah tersebut diakibatkan oleh developer abal-abal yang sebenarnya masih belum mengerti marketing atau cara memasarkan produknya.

Lima Aplikasi Berbahaya Bagi Smartphone Anda

Top 5 aplikasi android berbahaya bagi smartphone

Top 5 aplikasi android berbahaya bagi smartphone

  • ES File Explorer
    Bagi pengguna Android, ES File Explorer merupakan aplikasi Beragam bloatware dan ad-ware muncul setiap saat. Tak hanya itu, notifikasi pop-up berisi ajakan untuk mengunduh aplikasi tambahan seringkali muncul tiba-tiba muncul dan tak dapat dinonaktifkan.
  • UC Browser
    Browser yang sangat populer di India dan Tiongkok ini memiliki masalah keamanan terkait pelacakan. Hal itu disebabkan daftar pencarian dikirim langsung tanpa enkripsi ke Yahoo India dan Google. Ini akan berisko terhadap pencurian data pengguna secara ilegal.
  • CLEAN it
    Pada dasarnya aplikasi ini tak begitu berguna sebab membersihkan cache memori tak berpengaruh pada kinerja kecepatan smartphone. Selain itu, membersihkan RAM hanya berakibat pada penggunaan daya baterai yang lebih besar.
  • DU Battery Saver & Fast Charge
    Memiliki fungsi yang hampir mirip dengan CLEAN it namun memiliki tambahan fitur untuk mempercepat proses charging. Aplikasi ini sebenarnya tak memiliki kemampuan tersebut. Belum lagi adware yang terdapat dalam aplikasi ini sangat mengganggu user.
  • Aplikasi Anti-Virus
    Jika penggunaa android hanya menggunakan smartphonenyaa secara wajar, sebenarnya tidak benar-benar memerlukan aplikasi antivirus. Namun, bukan berarti aplikasi anti virus tak memiliki kegunaan sama sekali. Beberapa aplikasi seperti Avast dan Avira menawarkan fitur keamaan tambahan, seperti penguncian layar sampai pemblokiran panggilan.