Mengatasi Smartphone Android Lemot

Pernahkah anda saat ingin menunjukan sesuatu kepada orang lain lewat smartphone namun mendadak smartphone anda lemot? Kinerja smartphone yang mulai menurun ketika kita dalam situasi yang penting memang sangat mengesalkan. Ini merupakan masalah umum yang dialami oleh para user android.

Sejak jaman awal kemunculan android dengan performa yang terbatas hingga sekarang saat sudah banyak smartphone android berkapasitas besar, masalah lemot tetap jadi problem utama. Masalah semacam ini memang tidka bisa dihindari oleh para pengguna smartphone android. Pasti ada dan akan selalu ada dari waktu ke waktu.

Namun bukan berarti hal semacam ini tidak bisa diperbaiki. Bahkan untuk memperbaikinya kita tidak perlu melalui ahli reparasi/servis handphone. Kita sendiri pun bisa mengatur masalah ini dengan sedikit pengetahuan, kemampuan serta keberanian untuk mencobanya sendiri terhadap handphone android kita.

Penyebab Handphone Android Lemot

Smartphone lemot bisa disebabkan oleh beberapa faktor

Smartphone lemot bisa disebabkan oleh beberapa faktor

Memiliki smartphone android untuk yang pertama kalinya terkadang memang membuat para user khilaf. Dengan memberikan kebebasan kepada para user untuk mempersonalisasikan, ternyata memiliki efek yang cukup merugikan. Bayangkan ketika kita baru memakai smartphone untuk kali pertama, pasti kita ingin menginstal segala macam aplikasi yang ada.

Perilaku seperti inilah yang bisa membuat kinerja android anda menurun. Berikut adalah penyebab-penyebab mengapa ponsel android kita bisa lemot:

  • Terlalu Banyak Aplikasi Yang Terinstal
    Banyaknya aplikasi yang terinstal dalam smartphone Android anda membutuhkan ruang. Hal ini juga yang mengakibatkan daya baterai smartphone Android menjadi cepat habis.
  • Terlalu Banyak File Yang Kita Simpan
    Jika kita memiliki file musik dalam jumlah yang banyak, maka akan membuat kerja smartphone Android kita semakin berat.
  • File Sampah Menumpuk
    File temporer adalah salahsatu file sampah merupakan file-file yang dipergunakan oleh sistem Android selama kita menggunakannya. Semakin semakin menumpuk dan smartphone Android kita semakin lelet.
  • File Cache Menumpuk
    File cache bisa diibaratkan rekaman jejak seorang pengguna dalam menggunakan sebuah program. File ini menyimpan data seperti aktifitas terakhir, dan tindakan apa saja yang dilakukan termasuk melakukan backup otomatis.
  • Penggunaan Berlebihan
    Ini adalah penyebab paling buruk yang mengakibatkan performa smartphone Android kita menjadi lelet bahkan lebih buruk lagi.

Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Mulai Lemot

Android menjadi lemot karena memakan banyak kapasitas RAM

Android menjadi lemot karena memakan banyak kapasitas RAM

Ketika smartphone android kita sudah terlanjur menurun performanya atau mulai lemot ternyata kita tidak perlu langsung buru-buru membawanya ke tempat servis. Kita sendiri ternyata bisa mengatasi menurunnya kinerja android kita. Berikut adalah hal-hal yang perlu kita lakukan saat ponsel android kita sudah menunjukan tanda-tanda lemot:

  • Pertama Kenali Dulu Spesifikasi dari Ponsel Anda.
  • Lakukan Pembaharuan Pada Sistem Operasi Android Anda.
  • Usahakan Install Aplikasi Seperlunya.
  • Nonaktifkan Aplikasi Yang Tidak Terpakai.
  • Gunakan Widget Yang diperlukan Saja.
  • Nonaktifkan Fitur Sinc.
  • Jangan Mengguanakan Live Wallpaper (Walpaper Bergerak).
  • Gunakan SD-Card Yang Memiliki Kecepatan Tinggi.

Cara-cara di atas tadi berlaku untuk semua smartphone android. Karena bukan berarti jika anda menggunakan device mahal berarti anda akan terbebas dari masalah lemot. Semua tergantun dari penggunaan dan perawatan yang dilakukan oleh kita sebagai user.

Dan jika semua cara di atas sudah tidak memberikan efek yang signifikan, baru lah anda bisa membawa smartphone anda ke tempat servis. Bisa jadi ada kegagalan sistem, atau rusaknya hardware tertentu pada smartphone android anda. Be a smart user, because great smartphone comes with great responsibility.