Mengapa Android Lebih Baik Ketimbang iPhone

Perang antara  Android dengan iOS sepertinya memang tidak akan pernah ada ujungnya. Masing-masing sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seperti misalnya Android yaang lebih ramah pengguna (user friendly), sedangkan iOS dengan segala eksklusifitasnya melalui produk iPhone nya.

Perbedaan pasar semacam ini memang kerap terjadi dalam persaingan bisnis. Namun bukan berarti ini tidak menimbulkan pro kontra. Jika kita lihat di beberapa forum di internet, banyak sekali perdebatan tentang mana yang lebih baik diantara dua sistem operasi yang menguasai jagad teknologi komunikasi saat ini.

Tentu, semua kembali lagi kepada pilihan dan kebutuhan masing-masing. Akan tetapi cukup miris melihat generasi muda sekarang yang justru seperti menjadi budak kapitalis. Memilih gadget mahal dengan alasan gengsi, padahal mereka tidak teralu membutuhkannya. Dan yang mirisnya lagi sampai memaksakan diri untuk memiliki gadget tersebut.

Diperbudak Teknologi

Android vs iPhone

Android vs iPhone

Memiliki smartphone di jaman digital seperti saat ini memang sudah seperti menjadi kebutuhan primer. Segala aspek kehidupan kini mulai bergantung dengan kemudahan fasilitas yang ditawarkan oleh smartphone. Bahkan ini memunculkan semacam mindset bahwa “Smart people use smartphone”.

Memang kita tidak bisa menampik hal tersebut, kita sebagai manusia membutuhkan teknologi. Akan tetapi pola konsumtif kita terkadang tidak bisa kita kendalikan. Dan ini pun dijadikan peluang oleh banyak produsen alat komunikasi untuk menggiring pola konsumsi kita menjadi semakin tidak masuk akal.

Bayangkan saja, apakah anda akan membeli sebuh smartphone seharga Rp. 10.000.000 jika penghasilan perbulan anda bahkan tidak mencapai Rp. 5.000.000? Orang yang berakal sehat pasti akan berkata “Tidak mungkin lah, yang benar saja!”. Tetpi realita yang terjadi sekarang? Orang bahkan rela mengantri demi iPhone keluaran terbaru yang bahkan baru rilis pada esok harinya.

Smartphone for Smart User

Android lebih baik ketimbang iPhone

Android lebih baik ketimbang iPhone

Fenomena semacam ini tentu membuat kita bertanya-tanya, “Apa yang sebenarnya diincar oleh para gadget freak tersebut?”. Apakah ini semua soal fitur yang ditawarkan oleh produsen smartphone berlogo Apel coak tersebut? Jika bicara itu, tentu banyak juga smartphone Android yang memiliki fitur yang sama dengan iPhone (bahkan lebih canggih).

Lalu apa yang mereka semua cari? Apakah eksistensi, gengsi, atau apa? Estetika? Ponsel Android sekarang bahkan sudah banyak juga yang menawarkan desain elegan, indah dan tidak kalah bagus dari iPhone. Bahkan kabar terbaru yang saya dengar, desain iPhone terbaru tidak berbeda dari produk terdahulu mereka. Hanya perubahan di sedikit bagian saja. Apa inovasi seperti ini yang dicari oleh mereka?

Berikut adalah alasan mengapa kita sebaiknya membeli Android ketimbang iPhone:

  • Sistem Operasi Terbuka (Sumber Terbuka/Open Source)
  • Ramah Pengguna (User Friendly)
  • Antarmuka Pengguna (User Interface)
  • Tugas Ganda (Multi Tasking)
  • Notifikasi
  • Bebas dalam Memodifikasi ROM
  • Banyak Tersedia Aplikasi
  • Harganya yang murah
  • Banyak Pilihan

Setelah melihat kelebihan Android di atas, apakah anda masih ingin membuang uang untuk membeli smartphone yang secara garis besar tidak lebih baik? Jika iya, mungkin hanya ada dua kemungkinan. Entah anda merupakan orang yang sangat kaya sehingga bingung bagaimana supaya uang anda cepat habis, atau anda bodoh.

Sekian…