Flash Plus 2, Performa Diatas Harga

Kualitas perusahaan dalam menciptakan sebuah produk bisa terlihat dari keseriusan mereka menggarap packaging dari produknya tersebut. Ya, ungkapan ini sepertinya sangat cocok bagi smartphone yang satu ini. Smartphone terbaru keluaran Flash ini diberi tajuk Flash Plus 2, dan diklaim akan menjadi penantang baru di kancah smartphone murah bertenaga kuda.

Mengapa Flash bisa disebut berkualitas? Ya tentu saja seperti yang disebut ungkapan di atas, Flash mengemas produk Flash Plus 2 ini dengan sangat serius a.k.a niat banget. Desain packagingnya terlihat sangat premium, rapi, elegan, namun tetap tidak menghilangkan kesan minimalisnya. Oke, diluar dari desain packaging smartphone yang satu ini memang benar memiliki kualitas sangat baik.

Flash Plus 2 hadir dengan desain yang sangat memperhatikan masalah detail. Tampak elegan dalam keadaan layar mati, Flash Plus 2 ini menghadirkan kesan metalik yang sangat ‘WOW’. Sangat terlihat dari desain bodi belakang hingga ke tombol power dan volume di bagian samping. Serta logo Flash di bagian bodi belakang yang terukir sempurna menggunakan teknologi laser.

Menggebrak Pasar Android Murah

Flash Plus 2, Smartphone canggih dengan harga kurang dari 3 juta

Flash Plus 2, Smartphone canggih dengan harga kurang dari 3 juta

Flash yang merupakan perusahaan pecahan dari Alcatel ini memang mengklaim  siap untuk bertarung di kelas mid-end. Bagaimana tidak, untuk ukuran smartphone berharga kurang dari 3 juta rupiah, Flash Plus 2 ternyata memiliki performa bagai kuda. Dengan ukuran performa setingkat ini, mestinya smartphone ini berada di kisaran harga 4-5 jutaan.

Namun inilah justru yang menjadi target Flash. Berniat merusak dominasi pasar yang dikuasai oleh Xiaomi, Flash kini siap untuk menggebrak persaingan di pasar android kelas menengah kebawah. Untuk itu, Flash Plus 2 kini dibekali oleh processor P10. Processor ini memang masih jarang digunakan di beberapa produk smartphone ketimbang pendahulunya yaitu X10.

Akan tetapi soal performa jangan ditanya, P10 sangat unggul di segi grafis dibandingkan sang pendahulu, X10. Selain itu, untuk urusan layar Flash Plus 2 ini menggunakan layar IPS LCD berukuran 5,5 inch dengan pelindung layar Dragontrail Glass. Untuk urusan grafis, smartphone yang satu ini juga telah mendukung kualitas gambar Full HD 1080p.

Kelebihan dan Kekurangan Flash Plus 2

Performa kamera 13 Megapiksel yang menjadi andalan Flash Plus 2

Performa kamera 13 Megapiksel yang menjadi andalan Flash Plus 2

Beralih ke urusan hardware, Flash Plus 2 ini memiliki konfigurasi Big Little dimana merupakan Quadcore pertama dengan 1,8GHZ. Disamping itu, smartphone yang satu ini memiliki RAM sebesar 2GB dengan internal storage sebesar 16GB yang mendukung Multi Touch hingga lima titik. Sensor dalam Flash Plus 2 juga terbilang lengkap dengan Gyroscope dan Antutu Benchmark yang oke punya.

Untuk urusan performa, Flash Plus 2 ini ternyata tidak segalak  pendahulunya dengan processor X10. Jika digunakan dalam bermain game, processor P10 cukup lumayan untuk uruan performa, namun sangat outstanding dalam urusan grafisnya.

Untuk masalah multimedia Flash Plus 2 ini juga tak kalah gokil. Flash Plus 2 ini bisa menghasilkan audio dengan kualitas HIFI dengan sample rate mencapai 192KHZ. Dan interface music player nya juga cukup keren dengan tampilan ala turn table DJ apabila layar di rotasi. Kualitas suara yang dihasilkah juga sangat lembut, bass yang tebal namun tetap solid (tidak sember).

Sementara itu, untuk masalah keamanan, Flash Plus 2 ini telah dilengkapi dengan finger print yang menjamin keamanan smartphone. Namun sayang untuk keadaan booting pertama finger print tidak berlaku, masih tetap harus menggunakan pattern/code password biasa.

Sedangkan untuk kamera, hasil jepretan Flash Plus 2 ini juga terbilang cukup baik. Didukung oleh kamera belakang 13MP dan kamera depan 8MP, gambar yang dihasilkan sangat oke. Untuk urusan video, smartphone yang satu ini bisa merekam hingga resolusi HD 1920x1080p.